Sabtu, 12 Mei 2012

Rangkaian Detektor Getaran. Elektromania, seperti kita ketahui bersama, Indonesia sekarang ini hampir menjadi langganan tetap bencana alam. Setiap saat bencana alam sering menghampiri bumi pertiwi. Mereka datang seolah silih berganti atau susul menyusul. Dari mulai banjir bandang, longsor, gempa bumi, gunung meletus  sampai tsunami. Mungkin ini terjadi karena letak geografis dan kondisi geologis Indonesia di samping karena ulah manusia sendiri yang sudah tidak bersahabat dengan alam.



Kita pun harus selalu waspada dan cepat tanggap bila mengetahui gejala akan datangnya musibah bencana alam. Alam memang sulit untuk ditaklukan. Kondisi alam cukup sulit untuk diprediksi. Jadi kita dituntut untuk selalu siaga bila terjadi gelagat bencana alam. Untuk mengetahui lebih dini akan adanya suatu bencana, kita tentu perlu alat atau instrumen yang bisa mendeteksi gejala bencana alam tersebut. Kali ini kita akan mencoba membuat alat yang berhubungan dengan gempa bumi atau tanah longsor.  Ini dia Rangkaian Detektor Getaran.


Dengan bantuan detektor keramik sederhana piezo-listrik memungkinkan untuk merakit sebuah unit sensor yang menarik dan berguna, yang dapat digunakan untuk mendeteksi dampak dan getaran pada pintu,  jendela, dinding, tanah dan lain-lain. Sensor kejut (Ceramic piezo-electric detector ) menggunakan “unimorph” diaphram, yang terdiri dari disk piezo dan disk logam. Sensor ini memasok tegangan sebanding dengan percepatan dampak atau getaran, misalnya 40mV / G keluaran yaitu dekat 2V untuk dampak 60g.
Kemudian tegangan rendah arus rendah dampak unit sensor direalisasikan menggunakan detetor keramik standar piezo-listrik yang mengendarai monostable multivibrator (IC1), sirkuit untuk mengaktifkan transistor npn silikon (T1).  Betapa bermanfaatnya Rangkaian Detektor Getaran ini sebagai peringatan dini terhadap bencana alam longsor dan gempa bumi.

Categories:

7 komentar:

  1. Di rangkaian itu ada satu komponen dengan tulisan c dan e itu apa yah nama dan fungsinya...bisa diperinci gak...
    plus, tolong dong lampirkan daftar seluruh komponennya (dari rangkaian diatas), biar lebih jelas...hehe
    thank you :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. C dan E itu output dari T1 yang dapat dihubungkan ke buzzer

    BalasHapus
  4. daftar komponennya:
    R1:4M7
    R2:4M7
    R3:100K
    R4:10K
    IC 1: M74HC123
    T1:BC 547
    C1:100nF
    C2:47uf/16v
    sensor: PIEZ0sensor

    BalasHapus
  5. Dimana gan saya beli piezo sensornya. Tks

    BalasHapus
  6. komponen dengan tulisan C dan E tersebut apa yah nama dan fungsinya??
    bisa d jelasin lebih rinci gak,,,, thanks

    BalasHapus
  7. komponen dengan tulisan C dan E tersebut apa nama dan funsinya??
    bisa lebih d jelasin ga??
    thanks :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...